Lukisan 1

23.58.00 Posted In Lukisanku Edit This
  Sebelum hasil proses belajar melukis saya ini saya perlihatkan di posting ini ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa defenisi lukisan. langsung saja, menurut Wikipedia defenisi Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan berbagai warna, dengan kedalaman warna "pigmen" dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding.

  Sebagian orang mengatakan bahwa melukis itu susah, dan bagi yang hoby tidak sedikit yang mengatakan bahwa itu mudah. melukis adalah hoby saya, tapi saya belum merasa mudah melakukan hoby itu. imajinasi saya dalam memilih objek sampai merubahnya menjadi sebuah lukisan yang indah dipandang mata belum terwujud. melukis butuh waktu dan kesabaran, ketelitian yang penuh serta dapat mengatur posisi objek-objek dalam kertas, kanvas, dinding, atau tempat sebuah objek dilukis sehingga terlihat hidup. saya memiliki hoby ini sejak saya masih duduk di bangku kelas dua Sekolah Dasar, terus menerus saya lakukan sampai saya tidak bisa meninggalkannya. semasa itu (Sekolah Dasar) saya sering di marahi ibu saya karena tiap minggu nya harus membeli pensil warna baru, dan itu saya perlukan untuk hoby saya itu. dan alhamdulilah hoby yang ketika itu saya tidak tau tujuannya berubah menjadi satu prestasi buat saya pribadi dan sekolah saya. saya senang dapat mengharumkan nama sekolah saya walaupun cuma sampai di tingkat rayon, kecamatan, dan peringkat empat di tingkat kabupaten kala itu, dan walaupun hasil kerja keras saya itu tidak begitu patut dipajang karena kualitas nya masih rendah.

  Melukis bisa saja menggunakan pensil, pulpen, kuas dan cat dan bermacam alat lainnya, tergantung selera pemakai nya dan menginginkan hasilnya seberapa. jika menggunakan peralatan yang bagus tentu akan terlihat lebih bagus pula. selain hoby dan seni, melukis juga bisa dijadikan profesi, dengan kata lain penambah uang saku. seni itu indah dan mahal harganya, begitu pepatah mengatakan.

  Dibawah ini beberapa hasil belajar melukis saya, bila merasa jelek mohon jangan diejek. tapi tolong kasih komentar agar saya bisa memperbaikinya. dan lukisan ini saya tiru dari sampel foto aslinya, mungkin belum sampai 55% menyerupai aslinya. mohon dibantu untuk lebih bagusnya.
Lukisan pertama ini masih sangat jauh dari kemiripan. bayangannya lumayan susah untuk disesuaikan dengan cahaya nya. dan bagi saya ini salah satu kendala yang belum bisa saya atasi karena hanya menggunakan tinta hitam (pulpen) tanpa menambah warna yang lain.
sample  : Karenina
di lukis  : 25 Februari 2012
sample : Andrew Garfield
di lukis : 09 Februari 2012

sample : Ayu Pratiwi
di lukis : 23 Januari 2012
Dan lukisan yang ke empat ini samplenya saya copy dari album foto di facebook yang punya, dan tanpa sepengetahuan dia. setelah siap baru saya minta izin. yang saya lakukan itu memang tidak baik, tapi saya sudah meminta maaf. dan alhamdulilah dia tidak marah, ia hanya bilang " lumayan juga, tapi coba lebih bagus lagi", saran yang sederhana tapi merupakan tujuan akhir dari proses belajar ini. setelah beberapa menit kemudian saya memeriksa facebooknya lagi, aku lihat dia sudah mengganti foto profilnya yang baru. dari situ ada makna tersirat yang harus saya fahami bahwa dia menawarkan foto yang kedua. aku tambah senang karena objek yang ingin saya lukis adalah kakak dari adik sekos waktu menimbah ilmu di Padangsidimpuan dulu, cuantikkk bukan?. aku tahu dia tidak akan keberatan dengan semua ini "asal jangan yang enggak-enggak saja" tambahnya di kotak chat waktu itu.  sedangkan foto aslinya saya ambil dari album nya yang lain, dan ini dia :

sample : Indah Fitria Sihombing
di lukis : 10 Februari 2012

Saya sengaja mengurangi beberapa struktur dalam objek yang saya tiru, yakni tangan. juga mengurangi kemiringin posisi nya serta menambah/mempertebal  bayangan lekukan wajahnya. dan hasilnya seperti diatas, kalau anda setuju dengan saya, saya menilai kemiripannya 49 %.
sample : Pep Guardiola
dilukis  : 04 Februari 2012
 sample : Indah Fitria Sihombing
 dilukis  : 26 Februari 2012

Semua lukisan diatas dibuat dengan peralatan sederhana, seperti kertas A4 dan pulpen warna hitam biasa. dan saya kerjakan dalam waktu tertentu, biasanya satu lukisan saya selesaikan dalam beberapa jam, paling cepat tiga jam dan paling lama tiga hari. pun itu karena saya punya kesibukan lain, seperti menghayal dan tidur, hahaha.. maaf saya harus katakan ini walaupun terdengar malas, yang penting saya jujur.
 Dan bagi anda yang ingin memesan lukisan wajah, diatas kertas dan hitam putih (maaf, peralatan saya belum lengkap dan saya belum mahir untuk lukisan warna) saya bersedia menyiapkan pesanan anda dengan harga yang cukup murah, Rp.20.000/lukisan/ krts A4, Rp. 25.000/lukisan/krts HVS untuk harga promo, dan tentu saja bisa nego. dan bagi anda yang berdomisili di luar kota Medan akan dikenakan beban pengiriman. pemesanan berlaku untuk anda yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya, Sibuhuan (Kab.Padang Lawas), Gunung Tua (Padang Lawas Utara), dan Kota Padang Sidempuan. saya juga menyediakan harga dibawah dari harga yang saya tentukan diatas, dengan syarat hanya mendapatkan copy an dari lukisan yang dimaksud, lalu akan saya kirim lewat email yang saya terima. untuk pembayaran jasa, anda bisa mentransfer uang sebesar yang ditentukan diatas ke rekening berikut : (maaf belum bisa dicantumkan) dan barang akan dikirim setelah mentransfer uang sebesar yang ditentukan di atas.

 Syarat pemesanan : kirimkan sample foto yang ingin dibuat lukisan ke email berikut : idihamharahap@gmail.com
dan jangan lupa mencantumkan nama dan alamat yang ditujukan, bila perlu nomor handphone yang bersangkutan.
contoh : <file foto> <idiham s.harahap> <Jl.Pelita I Gg.Tangga Batu No.11 Medan> <+62XXXXX>
untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor telpon berikut : 082162868765 (Idiham S.Harahap)
punya komentar ? silahkan tulis di kolom lencana komentar di samping kiri postingan ini.
terima kasih sudah berkunjung.